Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir Bathin
Scroll untuk baca artikel
Berita

Arah Kiblat di 5 Masjid di Gapura Sumenep

Avatar photo
124
×

Arah Kiblat di 5 Masjid di Gapura Sumenep

Sebarkan artikel ini

dhalemtemor.com- Kalibrasi arah kiblat merupakan proses yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam dan merupakan suatu kewajiban dalam melaksanakan ibadah salat, oleh karena itu Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Lembaga Falakyah PCNU Sumenep memastikan arah kiblat lima masjid di Kecamatan Gapura sudah tepat.

Adapun lima masjid yang menjadi target tersebut di antaranya, Masjid Husnol Khotimah, Al-Muttaqin, Al-Ikhlash, An-Nabawi dan Nurul Jadid.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Tim Falakiyah Bimas Islam, perwakilan Falakiyah PCNU dan Kepala KUA Kecamatan Gapura beserta para penyuluh agama .

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumenep Abdul Wasid, melalui Kepala KUA Kecamatan Gapura Sahirul Alim, menyampaikan bahwa kalibrasi arah kiblat merupakan kegiatan yang penting untuk memastikan umat Islam melaksanakan ibadah salat dengan arah yang tepat.

“Kalibrasi arah kiblat ini penting untuk memastikan umat Islam melaksanakan ibadah salat dengan arah yang tepat. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Falakiyah PCNU Sumenep untuk memastikan arah kiblat lima masjid di Kecamatan Gapura ini tepat,” ungkap Sahirul Alim, Kamis (21/03/2024).

Ia menyatakan, tim kalibrasi arah kiblat menggunakan alat theodolite untuk menentukan arah kiblat yang tepat.

Tim juga menjelaskan kepada pengurus masjid tentang pentingnya menjaga arah kiblat agar tetap terjaga.

“Alhamdulillah, kalibrasi arah kiblat di 5 masjid di Kecamatan Gapura berjalan dengan lancar dan semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan spiritual umat Islam khususnya di Kabupaten Sumenep,” tutupnya. [ismi/han]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *