Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir Bathin
Scroll untuk baca artikel
Berita

Sayangi Hewan, Petani Sumenep Garap Sawah Pakai Alat Canggih

Avatar photo
98
×

Sayangi Hewan, Petani Sumenep Garap Sawah Pakai Alat Canggih

Sebarkan artikel ini
Seorang petani di kepulauan sedang menggarap sawahnya menggunakan hand tractor, Dulunya warga menggunakan hewan ternak.

DhalemTemor.com— Hadirnya teknologi berupa hand tractor sangat membantu petani dalam menggarap sawahnya hingga tak perlu menyiksa sapi seperti pada tahun-tahun lampau.

Seorang petani di Pulau Kangean Sumenep Madura tampak bersemangat menggunakan mesin nanggala modern menggarap ladang miliknya.

Tampak disekitarnya seorang anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 0827/18 Kangean, namanya Serka Edi turut membantu petani tersebut.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, penggarapan lahan itu untuk persiapan tanam jagung, lokasinya di Desa Arjasa Kecamatan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pendampingan yang dilakukan oleh anggota Babinsa itu sebenarnya bukan hal baru, karena selama ini kedekatan anggota TNI dengan masyarakat selalu terjalin dengan sangat baik.

Serka Edi sengaja membantu masyarakat binaan tak hanya soal membajak sawah, tapi kegiatan lainnya yang dibutuhkan tenaganya oleh masyarakat sekitar. Sinergitas yang baik ini sebagai bukti nyata dukungan penuh terhadap ketahanan pangan Nasional.

“Ini merupakan pengolahan untuk lahan baru, kita bantu petani dengan senang hati untuk menyuburkan tanah yang hendak ditanami jagung. Membajak tanah dengan hand tractor untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan gembur,” kata Serka Edi dikutip DhalemTemor.com, Selasa 26 Maret 2024.

Pihaknya terus berupaya membantu para petani diwilayah binaannya serta mendorong kesadaran masayrakat dalam meningkatkan produksi pertanian.
“Kami akan terus memotivasi para petani untuk terus mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan, khususnya komoditi tanaman jagung,” tutup Serka Edi. [Ferry Arbania]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *