Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir Bathin
Scroll untuk baca artikel
Bhujuk

Jelang Lebaran Ketupat, Pengunjung Makam Bhujuk Bandungan Karay Meningkat

Avatar photo
1888
×

Jelang Lebaran Ketupat, Pengunjung Makam Bhujuk Bandungan Karay Meningkat

Sebarkan artikel ini
suasana di maqbaroh Kiai Raden Sri Anom Bhujuk Bandungan Karay Ganding Sumenep, Jum;at 12 April 2024. [dok. Dhalem Temor]

DhalemTemor.com— Menjelang pelaksanaan acara Haul Agung Perdana Kiai Raden Sri Anom alias Kiai Barokah Alias Bhujuk Bandungan Karay jumlah pengunjung terus berdatangan.

Pengunjung Asta Tenggina di Blok Oma’an Dusun Mandala Desa Ketawang Karay Kecamatan Ganding Sumenep Madura Jawa Timur terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebagian besar pengunjung merupakan keturunan dari Bhujuk Bandungan dan beberapa orang lainnya warga yang sesepuhnya dimakamkan di Asta Tenggina tersebut.

Pantauan DhalemTemor.com hari ini, sejak siang hari selepas Shalat Jum’at, sejumlah potoh Bhujuk Bandungan Karay mendatangi maqbaroh yang disekelilingnya dipagari pohon bambu dan pohon kelor yang terlihat sangat rindang dengan udara yang berhembus sepoi-sepor.

H.Juhari salah satu tokoh desa setempat yang ikut membantu pelaksanaan Haul Agung Perdana Kiai Sri Anum tersebut mengatakan, sejatinya makam Tenggina dikenal makam tertua yang sudah puluhan tahun silam sering mengadakan selamatan hingga potong kambing.

“Dulu-dulunya dimakam ini sering dilakukan selamatan dan kosaran (bersih-bersih) makam, bahkan ada yang potong kambing. Namun beberapa tahun setelah itu tak ada kegiatan. Alhamdulillah, dengan adanya kompolan Bhujuk Bandungan ini, makam ini kembali terawat,” demikian Haji Juhari saat di kompleks makam Tenggina Dusun Mandala Desa Ketawang Karay Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep, Jum’at 12 April 2024 sore.

Khusus hari ini, tampak juga salah satu pengurus Kompolan Potoh Bhujuk Bandungan yaitu Ustadz Muizzi Jauhari bersama keluarganya.

Usai mengajai dan tahlil secukupnya, Muizzi Jauhari ikut berbaur dengan beberapa orang lainnya yang tengah melakukan bersih-bersih dibagian selatan makam, yang direncanakan untuk parkiri khusus speda motor.

Untuk diketahui, meskipun Asta Tenggina ini merupakan makam tua, namun karena selama ini tidak pernah disentuh oleh media pemberitaan, keberadaannya tidak dikenal masayrakat luas seperti lainnya yang sesepuhnya masih ada keterkaitan seperti Asta Ambangan di Mandala Barat Desa Gadu Barat dan Maqbaroh Kiai Rowi Bhujuk GerAssem di Kecamatan Ganding Sumenep.

Penting dicatat, pelaksanaan Haul Agung Perdana Kiai Sri Anom alias Kiai Barokah atau dikenal dengan sebutan Bhujuk Bandungan Karay Kecamatan Ganding tersebut akan dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 17 April 2024, pukul 08.00 WIB – Selesai. [Ferry Arbania]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *