Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir Bathin
Scroll untuk baca artikel
Berita

Kemenag Sumenep Gelar Bimbingan Manasik Haji di Seluruh Kecamatan

Avatar photo
88
×

Kemenag Sumenep Gelar Bimbingan Manasik Haji di Seluruh Kecamatan

Sebarkan artikel ini

DhalemTemor.com- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep menggelar kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan secara serentak di seluruh 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, baik di daratan maupun kepulauan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 24 hingga 29 April 2024.

Bimbingan manasik haji bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada calon jemaah haji (CJH) tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan Islam.

Ada pun materi bimbingan yang disampaikan meliputi:

· Rukun dan wajib haji

· Syarat dan rukun umrah

· Persiapan fisik dan mental

· Kesehatan dan penyakit selama haji

· Perlengkapan haji

· Tata cara thawaf, sa’i, dan wuquf

· Pengenalan tempat-tempat suci di Mekkah dan Madinah

· Etika dan adab dalam berhaji

Kegiatan bimbingan manasik haji diikuti oleh sekitar 849 CJH dari seluruh Kabupaten Sumenep. Para CJH tampak antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka ingin mendapatkan pengetahuan yang lengkap tentang pelaksanaan ibadah haji.

Kepala Kantor Kemenag Sumenep Abdul Wasid menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji sangat penting bagi CJH untuk memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar.

“Dengan mengikuti bimbingan manasik haji ini, diharapkan para CJH dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khusyuk, dan mabrur,” ungkapnya, Jumat (26/04/2024).

Ia juga berpesan kepada para CJH agar menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari berbagai instansi terkait, seperti Kemenag, KUA, dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Selain itu, para CJH juga berkesempatan untuk mendapatkan simulasi praktik manasik haji.

Bimbingan manasik haji diharapkan dapat membantu para CJH dalam melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khusyuk, dan mabrur.

(Mjib/Ismi, Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *